• (021) 8462230

      

    marketing@unkris.ac.id


LPKK UNKRIS GELAR BIMTEK STRATEGI LOLOS HIBAH PENDANAAN PKM 2024

Lembaga Pengembangan Kreativitas dan Kebangsaan (LPKK) Universitas Krisnadwipayana (Unkris) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Strategi Lolos Hibah Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2024 di Aula C Kampus Unkris pada Selasa (20/2/2024). Kegiatan yang diikuti oleh 70 orang mahasiswa peserta program PKM dan dosen pendamping tersebut menghadirkan narasumber Reviewer PKM Nasional, Denta Mandra, P.B, S.Ds, M.Si.

"PKM merupakan salah satu program yang penting diikuti oleh mahasiswa. Karena melalui program ini mahasiswa dapat mengembangkan potensi bakat dan minat yang dimiliki. Itu sebabnya sejak 2021 Unkris berpartisipasi aktif dalam program PKM dengan mengirimkan mahasiswa,” kata Rektor Unkris Dr Ir Ayub Muktiono dalam sambutannya, seperti tertulis dalam siaran persnya, Rabu (21/2/2024).

Meski hasilnya belum sesuai yang diharapkan, namun Unkris terus mendorong mahasiswa untuk ikut serta dalam program PKM. Melalui keikutsertaan dalam program PKM, diharapkan akan tumbuh mental para juara pada diri mahasiswa.

“Mental juara sudah menjadi budaya mahasiswa Unkris, terbukti dalam berbagai ajang lomba baik yang sifatnya akademis maupun nonakademis, mahasiswa Unkris sangat banyak yang berhasil mengukir prestasi hingga tingkat nasional. Kami berharap pada program PKM ini mahasiswa Unkris juga bisa unjuk kebolehan,” jelas Dr Ayub.

Pada kesempatan yang sama, Ketua LPKK Unkris Dr Susetya Herawati mengatakan, Bimtek Strategi Lolos Hibah Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2024 dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan kiat-kiat khusus agar mahasiswa dapat lolos dalam program PKM 2024. “Tahun ini kami mengikutsertakan 35 proposal. Mudah-mudahan ada yang lolos,” kata dia berharap.

Selain bimtek sesuai dengan skema bidang PKM, narasumber juga mengajak mahasiswa membedah proposal yang ada agar mengetahui ketidaksesuaian proposal dengan peraturan yang ada di skema PKM. Dengan demikian, baik mahasiswa maupun dosen memahami apa saja yang harus dilengkapi dan disempurnakan. “Setelah mengikuti bimtek, kami lengkapi semua persyaratan untuk kemudian kami unggah di laman simbelmawa,” lanjut Herawati.

Posisi Unkris saat ini berada pada klaster lima, artinya potensi yang dimiliki Unkris mencapai 60 proposal. “Tahun ini Unkris mengirimkan proposal untuk skema 8 bidang, 5 artikel ilmiah AI, dan 5 gagasan futuristik. Harapannya dari potensi yang ada ini terisi dan mudah-mudahan ada yang bisa kita dorong untuk pimnas,” tegas Herawati.

Usai mengikuti bimtek tersebut selanjutnya 35 proposal peserta program PKM yang diusulkan mahasiswa akan di-reviewer oleh reviewer internal Unkris yakni Dr Susetya Herawati dan Mishelei Loen yang sebelumnya pernah mengikuti penguatan reviwer internal tanggal 12 Februari 2024 yang digelar LLDIKTI wilayah 3.

Dalam bimtek yang berlangsung hingga 23 Februari 2024 tersebut, Denta Mandra mengaku optimistis bahwa mahasiswa Unkris bisa lolos program PKM 2024. “Mahasiswa sangat antusias mengikuti bimtek ini. Saya berharap ada yang lolos minimal sampai tahapan pimnas,” jelasnya.

Denta menyarankan agar dosen pembimbing benar-benar mendampingi para mahasiswa hingga proses pengunggahan selesai. Dalam kesempatan tersebut, Denta juga memberikan panduan dan tips yang bermanfaat bagi mahasiswa dalam mengajukan proposal PKM sehingga dapat lolos PKM 2024.

PKM secara umum bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya mahasiswa yang berorientasi ke masa depan dan ditempa dengan transformasi pendidikan tinggi sehingga menjadi lulusan yang unggul, kompetitif, adaptif, fleksibel, produktif, berdaya saing dengan karakter Pancasila. Serta memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu dan taat aturan, kreatif dan inovatif, objektif dan kooperatif dalam membangun keragaman intelektual.


Sumber : https://cari.republika.co.id/posts/289684/lpkk-unkris-gelar-bimtek-strategi-lolos-hibah-pendanaan-pkm-2024