UNKRIS TANDA TANGANI MOU DENGAN UNIVERSIDAD DE COLIMA MEXICO TERKAIT PELAKSANAAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI

Universitas Krisnadwipayana (Unkris) melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Undertanding (MoU) dengan Universidad de Colima, Mexico secara daring pada Senin (22/4/2024).

Acara penandatanganan MoU dilakukan oleh Rektor Unkris Dr. Ir. Ayub Muktiono, M.SiP, CIQaR dengan Rektor Universidad de Colima Dr. Christian Jorge Torres Ortiz Zermeño. Ikut hadir dan menyaksikan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek Prof. Dr. Ir. Sri Suning Kusumawardani, ST., MT, Duta Besar Indonesia untuk Meksiko Cheppy Triprakoso Wartono, SE., M.Si, dan Duta Besar Meksiko untuk Indonesia Alonso Martin Gomez-Favila.

Selain itu dari Unkris juga hadir Wakil Rektor I, Dr Ismail Razak, MS, Wakil Rektor 2 Dr H Nuridin MM, Wakil Rektor 3 Dr Parbuntian Sinaga, SH, MH dan para dekan.

Dalam MoU tersebut, Unkris dan Universidad de Colima sepakat untuk berkolaborasi dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Rektor Unkris Ayub Muktiono mengatakan penandatanganan MoU antara Unkris dengan Universidad de Colima tidak terlepas dari bantuan Duta Besar Indonesia untuk Mexico yang telah berperan banyak untuk membantu terjalinnya dua universitas dalam kolaborasi. “Karena itu, kami sangat berterimakasih sekaligus bangga, berterima kasih karena Bapak Dubes telah mempertemukan Universidad de Colima dengan Universitas Krinsadwipayana, dua kampus yang lokasinya antar benua sampai-sampai selisih waktunya 13 jam. Sekaligus bangga, karena Bapak Dubes adalah alumni kami,” ujar Rektor.

Menurur Rektor, kolaborasi antara Unkris dengan Universidad de Colima merupakan peristiwa yang sangat penting, mengingat dua universitas tersebut memiliki jarak yang sangat jauh, tidak hanya antar negara tetapi juga antar benua. Namun pada era globalisasi dan teknologi informasi seperti sekarang ini, kolaborasi antar dua universitas yang dipisahkan oleh jarak yang amat jauh, sangat dimungkinkan.

“Pada era globaliasi ini, perguruan tinggi dituntut untuk internasionalisasi peran dan fungsi perguruan tinggi. Bentuk tindakannya adalah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk dengan perguruan tinggi di luar negeri,” kata Rektor.

Lebih lanjut Rektor mengatakan bahwa Meksiko adalah negara yang menarik, selain terkenal dengan klub sepakbolanya, Meksiko dan Indonesia memiliki banyak kesamaan dari aspek ekonomi, sosial dan politik. “Kita sama-sama negara yang berkembang, negara yang multikultur. Kita juga sama-sama dianggap sebagai negara middle power yang menjembatani negara berkembang dengan negara maju melalui kerjasama multilateral MIKTA,” tegasnya.

Untuk merespon itu, melalui nota kesepahaman ini, Unkris sebagai salah satu wakil perguruan tinggi Indonesia dan Universidad De Colima sebagai perguruan tinggi dari Meksiko, akan banyak kesempatan melakukan kerjasama. Adapun lingkup kerjasama tersebut diantaranya adalah pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat, peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan bidang-bidang lain yang disepakati.

“Ada banyak isu yang bisa kita kaji bersama dalam penelitian dan publikasi, dan yang bisa kita diskusikan dalam agenda kuliah umum, seminar atau konferensi internasional, dan agenda-agenda lainnya,” tambah Rektor.

Rektor berharap nota kesepahaman ini bisa segera ditindaklajuti dengan agenda-agenda kolaborasi khususnya oleh Fakultas Ilmu Administrasi dan kemudian bisa disusul oleh Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Unkris Dr Ade Reza Hariyadi S.IP, MS mengatakan siap untuk menindaklanjuti MoU yang sudah ditandatangani dengan beberapa bentuk kerjasama. “Kita akan segera petakan bentuk-bentuk kerjasama yang dimungkinkan antara Unkris dengan Universidad de Colima terutama yang berkaitan dengan ilmu administrasi.


Sumber : https://poskota.co/kampus/unkris-tanda-tangani-mou-dengan-universidad-de-colima-mexico-terkait-pelaksanaan-tri-dharma-perguruan-tinggi/