UNKRIS BAKAL GELAR WISUDA SECARA OFFLINE, ORASI ILMIAH DISAMPAIKAN KASAD

Seiring berakhirnya masa pandemi Covid-19, Universitas Krisnadwipayana (Unkris) akan kembali menggelar wisuda secara offline. Kegiatan wisuda tahun 2023 yang diikuti sekitar 1.400 wisudawan tersebut rencananya digelar di  Sentul International Convention Center (SICC) pada Rabu, 7 Juni 2023.

Dr. Parbuntian Sinaga, Warek 3 Unkris sekaligus ketua panitia wisuda dalam keterangannya menjelaskan wisuda kali ini diperkirakan bakal berlangsung lebih meriah dibanding wisuda tahun sebelumnya. Sebab ini adalah wisuda offline pertama yang mengundang tidak hanya calon wisudawan tetapi juga para orang tua dan keluarga wisudawan ke lokasi acara.

“Tahun lalu, kami sudah gelar wisuda secara offline dengan protokol kesehatan yang sangat ketat karena masih di tengah situasi pandemi. Hanya wisudawan yang datang ke lokasi prosesi seremoni. Tahun ini, wisuda offline akan melibatkan orang tua dan keluarga wisudawan,” jelas Parbuntian didampingi Waki Ketua Panitia Dr. Siswantari Pratiwi.

Karena itu Unkris sengaja mengambil lokasi acara di gedung SICC. Gedung yang terletak di kawasan Sentul tersebut memiliki kapasitas atau daya tampung yang sangat besar bisa mencapai 10 ribu orang. Dengan gedung yang luas, maka protokol kesehatan bisa tetap diterapkan meski jumlah orang yang terlibat dalam upacara seremoni lebih banyak.

Tercatat sekitar 1400 wisudawan bakal ambil bagian dalam seremoni wisuda tahun 2023 yang berasal dari program sarjana (S1), program magister dan program doctoral. Selain wisudawan, akan hadir pula sekitar 2.800 orang tua atau keluarga wisudawan, 100 orang undangan dan 100 orang tim panitia. Total yang akan hadir diperkirakan mencapai 4.400 orang.

Selain tetap menerapkan protokol kesehatan, Unkris juga menyediakan tim medis di lokasi wisuda guna mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. “Kami juga mengingatkan wisudawan dan keluarga untuk mendukung kami dalam menjaga kebersihan dengan tidak membuang puntung rokok baik di dalam gedung maupun di luar gedung. Juga tidak membawa makanan atau minuman dari luar termasuk makanan dalam wadah plastik,” tambahnya.

Sementara itu Rektor Unkris Dr. Ir. Ayub Muktiono menyebutkan wisuda menjadi bagian dari rangkaian kegiatan akademik yang wajib diikuti oleh mahasiswa Unkris. Mereka yang telah menyelesaikan masa studinya dan mengikuti yudisium, wajib mengikuti prosesi wisuda sebagai bagian akhir kegiatan akademik.

Sebagai momen penting dari rangkaian studi di perguruan tinggi, Rektor meminta agar para wisudawan mengajak serta orang tua atau kerabatnya. “Kami siapkan selebrasi wisuda dengan sangat baik agar menjadi kenangan terindah untuk menutup masa-masa perjuangan selama menempuh studi di Unkris,” katanya.

Sebagai sebuah momen indah dan menggembirakan, menurut Rektor sudah sewajarnya para wisudawan mengajak serta orang tua, pasangan hidup, anak atau kerabat lainnya. “Membagikan kebahagiaan saat momen wisuda bersama orang tua atau kerabat tidak bisa kita lakukan selama 3 tahun pandemi. Kini momen menggembiraan tersebut bisa kembali kita rekam bersama,” lanjut Rektor.

Wisuda kali ini bagi Unkris merupakan wisuda ke- 62 program sarjana, wisuda ke-26 program magister dan wisuda ke-10 program doktor. Mengambil tema “Membangun Riset dan Pengabdian Menuju Unkris yang Unggul” , selebrasi wisuda tersebut rencananya akan menghadirkan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman untuk menyampaikan orasi ilmiahnya. KASAD sendiri merupakan alumni Unkris program S1.

“Insya Allah beliau hadir untuk menyapa wisudawan sekaligus menyampaikan orasi ilmiahnya,” tutup Rektor.


Sumber : https://poskota.co/kampus/unkris-bakal-gelar-wisuda-secara-offline-orasi-ilmiah-disampaikan-kasad/