Berita

Press Realese : Sosialisasi Empat Pilar MPR RI

Diposting oleh Admin pada 11 Dec 2017 10:42

Upaya memasyarakatkan Empat Pilar MPR RI kiranya telah diupayakan oleh MPR dalam kurun waktu yang sudah cukup lama. Sebagai milik bangsa 4 (empat) pilar MPR RI, yakni :

Pancasila, UUD 1945, NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), Bhineka Tunggal Ika

Seharusnya patut dipahami, dihayati dan menjadi bagian hidup dari setiap warga negara Indonesia. Hampir 2 (dua) dekade setelah era reformasi, wawasan tersebut kurang mendapat perhatian. Sehingga justru terkesan terjadi penurunan penghayatan masyarakat terhadap wawasan kebangsaan dimaksud. Dampaknya sangat terasa dalam beberapa tahun terakhir ini dalam bentuk terganggunya rasa perasatuan dan kesatuan serta kegotong-royongan. Kondisi seperti tersebut diatas tentunya tidak bisa dibiarkan lebih lama lagi, karena dapat menimbulkan masalah yang jauh lebih besar dari sulit diatasi.

Salah satu sarana strategis untuk memasyarakatkan empat pilar kebangsaan dan bernegara tersebut salah satunya adalah melalui saluran Institusi Perguruan Tinggi yang didalamnya terdapat para akademisi dan mahasiswa. Para Mahasiswa kelak akan mengisi dan memimpin jabatan-jabatan penting di birokrasi pemerintahan, legislatif dan yudikatif, didunia bisnis, partai politik serta sektor lainnya.

Agar akselerasi sosialisasi empat pilar kebangsaan dan bernegara tersebut dapat terwujud dan dapat diimplementasikan, maka untuk itulah MPR bekerjasama dengan Universitas Krisnadwipayana menyelenggarakan Diskusi sosialisasi Empat pilar Kebangsaan dan Bernegara, pada hari ini Kamis, 07 Desember 2017 bertempat di Gedung MPR-RI.

Adapun pokok bahasannya meliputi :

  1. Penjabaran 4 Pilar MPR RI ke dalam sistem Pembangunan Negara.
  2. Peranan Perguruan Tinggi untuk memasyarakatkan Empat Pilar MPR RI

 

Adapun pembicara pada diskusi sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini adalah terdiri 3 (tiga) pembicara :

  1. Pembicara Kunci : Dr. (HC) Zulkifili Hasan, SE, MM (Ketua MPR RI)
  2. Prof. Dr. Bomer Pasaribu,SH, SE, MS (Guru Besar Universitas Krisnadwipayana).
  3. Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin,MSc (Rektor Univ. Al-Azhar Indonesia)

 

Peserta diskusi sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini diikuti oleh kurang lebih 350 orang terdiri dari :

  1. Para Anggota Lembaga Pengkajian MPR-RI
  2. Para Akademisi dan Para Mahasiswa S1 dan S2 Universitas Krisnadwipayana